Nasihat Sukses Bob Sadino

By Penulis

Nasihat sukses Bob Sadino merupakan salah satu dari orang terkenal yang nasihatnya jauh lebih didengar daripada nasihat yang diberikan oleh orang yang belum memiliki posisi. Maka hari ini, Anda akan menemukan 4 nasihat hebat dari seorang tokoh bisnis yang telah terbukti kesuksesannya.

Salah satu hal terbaik yang bisa Anda pelajari dari tokoh ini adalah sesukses dan seterkenal apapun diri Anda, tetaplah low profile dan tetap menjadi diri sendiri.

Sosok Sukses Bob Sadino

Pasti Anda penasaran bukan siapakah tokoh terkenal yang dimaksud? Beliau adalah pengusaha sukses kelahiran Lampung, 9 Maret 1933. Beliau memiliki usaha di bidang peternakan dan pangan. Kesuksesan yang diraihnya bukan tak melewati aral dan rintangan. Namun keteguhan dirinya dalam melewati segala tantangan tersebut membawa kesuksesan di dalam hidupnya.

Meski telah tutup usia pada 19 Januari 2015, nasihat-nasihat bisnisnya masih banyak dicari orang. Beliau adalah Bob Sadino. Sosok businessman yang sangat sederhana dan inspiratif.

Salah satu kalimatnya yang terkenal yaitu “Bergayalah sesuai isi dompetmu. Yang beneran punya nggak akan banyak bicara seperti mereka yang berlagak punya.” Kalimat tersebut adalah salah satu nasihat sukses dari orang terkenal yang melegenda. Namun masih ada 5 nasehat lainnya dari Bob Sadino, mau tahu?

Nasihat Sukses Bob Sadino

1. Ketakutan adalah Jebakan

Hati-hati dengan rasa takut di dalam diri. Ketakutan itu bisa menjebak Anda untuk tak segera bergerak. Ketakutan hanya akan membatasi langkah kaki Anda. Ayo belajar dari Bob Sadino, bagaimana beliau menepikan rasa malu dan takut saat memulai usaha telur ayam negeri. Beliau membuang jauh rasa malu dan takut gagal saat menawarkan telur ayam dari rumah ke rumah.

Selain mengelola rasa takut, Bob Sadino juga berpesan untuk tidak berharap terlalu muluk. Harapan yang terlalu tinggi dan tidak realistis akan membuat Anda mudah merasa kecewa ketika mengalami kegagalan. Padahal kesuksesan membutuhkan proses yang tidak mudah dan tidak sebentar. Bahkan ada kalanya harus gagal terlebih dahulu.

2. Kreativitas adalah Kunci

Dalam bisnis dan kehidupan, kreativitas adalah kunci untuk bertahan. Jika Anda tak memiliki kreativitas, bisnis dan hidup akan stagnan di satu titik. Sementara kesuksesan hanya akan bisa diraih dalam kondisi yang dinamis. Hidup yang dinamis membutuhkan kreativitas.

Bob Sadino mengungkapkan kreativitas hanya bisa didapatkan ketika Anda mau menjadi pribadi yang unik dan berbeda. Selalu memiliki pandangan bisnis yang anti mainstream adalah hal yang harus Anda miliki.

3. Kehidupan adalah Guru

Kehidupan adalah guru yang sebenar-benarnya. Maka jika Anda ingin sukses, kepekaan dalam mengamati sekeliling adalah salah satu hal yang harus diasah. Lihatlah sekeliling Anda dan temukan orang-orang yang sukses dalam menjalani hidupnya. Pengalaman orang-orang tersebut akan memperkaya wawasan Anda. Jadi jangan lelah belajar dari orang-orang di sekitar Anda.

4. Keberanian adalah Panduan Nasihat Sukses Bob Sadino

Banyak tips sukses mengatakan bahwa perencanaan yang matang adalah awal kesuksesan. Namun bagi Bob Sadino, perencanaan hanya akan menjadi omong kosong jika tak segera ada action. Maka penting diingat bahwa jika Anda ingin sukses, jangan tunda-tunda menjalankan perencanaan tersebut. Eksekusi segera rencana-rencana yang telah Anda buat sekarang juga!

5. Kerja Keras dan Cerdas adalah Bingkai

4 tips di atas tidak akan mampu membawa kesuksesan bagi kehidupan Anda jika tidak dibingkai dengan kerja keras dan kerja cerdas. Kerja keras saja pun tidak cukup, Anda harus mengembangkan kerja yang cerdas.

Maksudnya, Anda harus melakukan segala aktivitas dengan efektif dan efisien. Kerja cerdas artinya kita mampu memaksimalkan sumber daya yang kita punya dan mengelola waktu dengan lebih produktif.

5 nasihat sukses dari orang terkenal di atas semoga bisa membantu Anda dalam menjalani aktivitas bisnis ataupun kegiatan harian dalam hidup. Selamat berjuang dan jangan patah semangat!

Leave a Comment