Pengertian Data Science dan Rekomendasi Tempat Belajar Data Science Terbaik

By Penulis

Ketika berbicara data science mungkin akan terdengar asing di telinga orang awam seperti kita. Data science sendiri memang ilmu yang cukup “muda” umur keberadaannya. Meskipun terbilang ilmu yang baru muncul, data science bisa diterapkan di berbagai industri. Terlebih untuk saat ini, industri digital sedang berkembang dengan pesat, kebutuhan ahli data science atau lebih sering disebut data scientist sangat diperlukan. Bahkan ada yang bilang kalo gaji jadi seorang data scientist itu bisa sampai 8 juta per bulannya.

Memahami pengertian data science harus dilakukan lebih dulu kalo mau belajar data science. Ketika sudah memahaminya, kita akan lebih mudah mempelajari metode atau teknik yang akan dipakai nantinya. Berada di zaman internet seperti sekarang, data science menjadi ilmu yang mulai dibutuhkan karena bisa sangat mendukung kebutuhan untuk mengolah kumpulan data yang besar.

Sayangnya, riset menunjukkan 95% bisnis masih bermasalah terkait data. Untuk itulah hampir 90% bisnis memutuskan untuk berinvestasi di bidang data. Ga perlu heran kalo taun depan udah mulai banyak lowongan kerja untuk data scientist.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari tentang data science, kita mulai dari dasar-dasar dulu yuk!

Review Hacktiv8

Apa Itu Data Science? Pengertian Data Science

Data science merupakan ilmu yang sedang naik daun saat ini yang dibangun berdasarkan disiplin ilmu matematika, statistik dan komputer. Kombinasi 3 disiplin ilmu ini, ,membuat data science sangat powerfull untuk mengolah big data.

Data science adalah bidang yang mempelajari proses pengolahan data. Mulai dari penggalian hingga presentasi datanya.Tujuan utama dari pekerjaan seorang data scientist utamanya adalah untuk mengubah data menjadi informasi yang bermanfaat.

Terkadang data scientist juga melakukan eksperimen terhadap data-data yang dikumpulkan. Tujuannya untuk membuktika ndan memberikan solusi paling tepat untuk perkembangan sebuah usaha atau bisnis. Pada praktiknya, pengolahan data yang dilakukan oleh data scientist bisa digunakan untuk melihat kemungkinan yang terjadi di masa depan (predictive analytics) terhadap suatu data.

Menurut Chikio Hayashi dari Insitut Statistika Matematika Sakuragaoka, menyatakan bahwa pengertian data science adalah ilmu pengetahuan interdisiplin tentang metode komputasi untuk mendapatkan wawasan berharga yang dapat ditindaklanjuti dari kumpulan data yang mencakup tiga fase, yaitu desain data, mengumpulkan data, dan analisis data.

Biasanya, orang-orang yang jago data science ini pake algoritma machine learning atau pembelajaran mesin. Biasanya dipake untuk mengolah teks, gambar, video, audio dan lain-lain untuk menghasilkan kecerdasan buatan untuk smartphone atau gadget lainnya. Sistem ini dibuat untuk melakukan tugas-tugas yang terlalu sulit untuk ukuran kecerdasan manusia.

Hasil data yang didapatkan, kemudian dioleh ke sistem kecerdasan buatan tadi untuk dimanfaatkan oleh analis dan pengguna dalam bisnis untuk merancang strategi yang tepat untuk menyesaikan masalah/mencapai tujuan.

Tools yang biasa digunakan untuk belajar data science sangat beragam. Beberapa tools yang sering dipake untuk keperluan mengolah data science yaitu SQL, Python, R, dan Excel. Tools tersebut tersedia di internet dan bersifat open source sehingga kamu yang ingin belajar pemrograman phyton misalnya, bisa mudah mempelajari dan memahaminya.

Belajar programming untuk pemula

Apa Saja Kegunaan Data Science?

Data science itu ilmu yang maish tergolong baru. Jadi orang yang ingin terlibat dan belajar kursus data science perkembangannya ditentukan oleh meningkatnya penggunaan teknologi secara signifikan. Karena data yang digunakan sangat banyak, jadi perusahaan/industri yang ingin menganalisis data yang mereka miliki tidak bisa melakukannya dengan cara yang sederhana.

 

Sebut saja salah satu marketplace ingin menganalisis data penjual dan pembeli di platform mereka. Karena datanya setiap detik selalu berubah-ubah, jadi diperlukan metode komputasi untuk bisa mengambil data tersebut dan menganalisis informasi dari data itu. Nah disinilah peran data science dalam memenuhi kebutuhan suatu perusahaan/instansi termasuk untuk upgrade digital marketing.

Contoh lain penggunaan data science dalam bisnis:

  1. Menganalisis data histori penjualan, memprediksi produk yang laris pada musim tertentu.
  2. Bisa digunakan untuk melihat data produk gagal, sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan kualitas produk ke depannya.
  3. Untuk bisnis logistik, bisa digunakan untuk melihat data terkait lalu linta pergerakan armada dan rute untuk membuat proses pengiriman menjadi lebih efisien.
  4. Di perusahaan sekuritas, bisa melihat pola pasar finansial untuk membuat keputusan investasi jadi lebih efektif.
  5. Data science juga bisa digunakan untuk mengklasifikasikan produk berkualitas tinggi dengan yang rendah. Berdasarkan data yang diambil dari tim quality control.

Masih banyak lagi kegunaan yang lainnya, tapi intinya udah bisa nangkap apa yang bisa dikerjakan sama ilmu ini kan?

Coding Bootcamp terbaik

Skill Apa Saja Yang Diperlukan Seorang Data Scientist?

Jika 2 topik pembahasan di atas sesuai dengan jurusan atau passion yang kamu miliki, dan tergiur untuk mendalami bidang data science, coba deh perhatikan beberapa skill dasar yang harus dimiliki untuk masuk kursus data science.

1. Analisis Data

Ini skill wajib yang harus dimiliki setiap orang yang ingin menjadi data scientist. Karena pekerjaan kita ga akan jauh-jauh dari analisis data setiap harinya. Mau tidak mau, skill ini harus dimiliki sebelum memasuki dunia data science nantinya.

Saat saya mengikuti program Belajar Programming Untuk Pemula di fasilitas Bootcamp Hacktiv8, beberapa waktu lalu, seorang data scientist tidak hanya bekerja untuk menganalisis data saja, tapi juga dituntut dapat menghasilkan visualisasi data yang menarik dengan penyajian dalam format bergambar/grafik yang lebih mudah dipahami dan dianalisis.

2. Statistika

Karena data science erat kaitannya dengan matematika dan statistika, maka ilmu wajib lainnya yang harus dikuasai adalah statistik ya ges. Kita akan berkutat dengan banyak data, dan skill ini akan membantu kita saat mengolah data.

Ketika mengikuti program Bootcamp Hacktiv8, yang saya perhatikan kita sebagai seorang data scientist akan sering berhadapan dengan bahasa statistik seperti mean, modus, sample, dan bahasa-bahasa matematika lainnya. Statistika dasar digunakan memberikan gambaran seperti apa data yang akan diolah dan dianalisis.

3. Bahasa Pemrograman

Ini juga ilmu wajib yang harus dikuasai ketika ingin menjadi seorang data scientist. Kalo kita masih belum mengerti gimana itu yang namanya bahasa pemrograman ada baiknya belajar programming untuk pemula lebih dulu. Karena ini kunci untuk bisa menjalankan tools data science yang akan kita gunakan nantinya

Agar lebih spesifik lagi belajarnya, sasa sarankan untuk belajar pemrograman python. Namun, belajar pemrograman ini tidak terbatas hanya pada tools python saja, kita juga minimal mengetahui basic tools data science lain seperti R, panda, anaconda dan lainnya.

Menurut saya sih, ini ilmu kunci untuk bisa menjalankan profesi data scientist zaman sekarang. Karena kalo ga hapal bahasa pemrograman akan sedikit kesulitan mengikuti perkembangan dunia data science pada umumnya. Mengingat ilmu ini masih tergolong baru, perkembangan baru akan selalu ada dan kita harus siap untuk bisa mengikuti perkembangan ini biar ga ketinggalan sama yang lain.

4. Pemahaman Bisnis Perusahaan/Industri

Selain hal-hal berbau teknis di atas, sebagai seorang data scientist kita juga harus punya pemahaman tentang bisnis. Pemahaman tentang industri dan bisnis akan membantu kita menggali data yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan tempat kita bekerja.

Tidak jarang, seorang data scientist diminta ikut dalam rapat bisnis atau diskusi ditugasi untuk memberikan ide-ide yang kompleks dan membuat keputusan perusahaan berdasarkan data.

5. Machine Learning

Skill ini ga wajib dipelajari sih, tapi karena masih ada hubungannya dengan data science tidak ada salahnya jika kita mempelajarinya juga untuk tambahan bekal kita memasuki dunia baru ini.

Selain 5 skill ini, ada banyak lagi hal-hal lainnya yang perlu dipelajari. Jangan lupakan juga bahasa coding dan full stack developer yang juga penting untuk diketahui.

Sekolah codingSekarang setidaknya kita udah ngerti apa itu data science dan kegunaannya. Selanjutnya akan timbul pertanyaan, kalo kepengen belajar data science dimana ya tempatnya?

Setau saya, di Indonesia masih belum begitu banyak sekolah coding atau kursus full stack developer yang bagus. Selain karena ini ilmu yang masih baru, juga karena dunia data science di Indonesia masih belum begitu diperhatikan beberapa tahun terakhir.

Meskipun begitu, sudah ada yang membuka sekolah coding dan juga kursus full stack developer secara online. Salah satunya yang saya ketahui adalah Hacktiv8 sebagi tempat kursus machine learning ya pastinya harus belajar pemrograman Python.

Rekomendasi Kursus Data Science Terbaik

Kalo ditanya dimana rekomendasi tempat belajar data science sih jawaban saya adalah Hacktiv8. Karena saya sendiri sudah pernah merasakan bergabung ke tempat coding bootcamp terbaik yang pernah saya ikuti.

Kenapa saya bilang Hacktiv8 sebagai tempat coding bootcamp terbaik? Selain melihat review Hacktiv8 di website mereka dan halaman google bisnis, saya juga sudah merasakan sendiri pengalaman belajar di bootcamp Hacktiv8 ini beberapa waktu lalu.

Saya yang awalnya buta banget sama yang namanya data science, bisa jadi tau apa itu dunia data science yang sebenarnya. Awalnya saya sama sekali ga paham apa yang dijelaskan sama pengajarnya. Bukan berarti pengajarnya jelek ya. Mereka profesional banget ngajarinnya, terstruktur dan sangat to the point, ga muter kemana-mana.

Justru karena pengajarnya yang profesional, saya yang tadinya ga ngerti sama sekali, akhirnya paham apa yang dilakukan sama data scientist ketika mereka bekerja. Saat praktik menggunakan bahasa coding, beberapa pertanyaan saya dijawab dengan memuaskan dan ga tanggung, jadi saya yang ga ngerti bisa paham dengan penjelasannya.

Di Hacktiv8 sendiri sudah ada 1100+ lulusan yang sudah bekerja di berbagai perusahaan startup Indonesia. Salah satu faktor yang paling berperan dari banyaknya lulusan Hacktiv8 bisa bekerja dibanyak perusahaan adalah karena Hacktiv8 bekerjasama dengan 350 hiring partner yang siap merekrut lulusan Full time Program yang diikuti.

Kursus Data Science

Program Belajar di Bootcamp Hacktiv8

Ibarat sekolah, siswa yang ikut belajar di full stack developer atau program data scientist itu sudah berada dalam ikatan dinas. Begitu lulus bisa langsung bekerja di perusahaan yang sedang membutuhkan posisi data scientist atau data analyst.

Oiya, selain menyediakan program belajar untuk para profesional, Hacktiv8 juga menyediakan program belajar coding untuk SD dan SMP di Hacktivkids. Menurut saya ini cukup unik, karena SD dan SMP masih belum ada pelajaran statistik kompleks seperti di SMA dan juga perkuliahan. Penasaran gimana program belajar coding untuk anak-anak ini dijalankan? Langsung ikutan daftar aja ya!

Kunci untuk bisa belajar di program belajar hacktiv8 ini menurut saya ada 2. Niat belajar dan gigih untuk bisa memahami kurikulum yang diajarkan oleh pengajarnya. Salah satu review Hacktiv8 yang sudah lulus bilang bahwa dia yang ga punya background IT bisa lulus dan bisa bekerja lagi setelah sebelumnya terdampak pandemi. Keren banget ya?

Jika kamu tertarik untuk mendaftar menjadi data scientist ataupun full stack developer di Hacktiv8 ini, kamu bisa langsung kunjungi website resmi Hacktiv8 untuk info pendaftaran dan detail pembelajaran yang bisa diikuti ya!

Leave a Comment