Tips Belajar Mobil untuk yang Baru Pertama Menyetir Mobil

By Penulis

Mengendarai mobil manual katanya lebih sulit daripada mobil matic. Ini ada benarnya. Sebab, saat mengendarai mobil manual Anda harus menginjak pedal kopling saat melakukan perpindahan gigi. Sedangkan untuk mobil matic, Anda hanya perlu menginjak pedal gas saat mengemudikan mobil karena transmisi otomatis dapat bergerak sesuai dengan kecepatan kendaraan. Meski begitu, kalau baru pertama kali menyetir mobil, di sarankan Anda belajar menggunakan mobil manual terlebih dahulu agar kelak saat mengendarai matic, akan menjadi sangat mudah bagi Anda.

Tips Belajar Mobil untuk yang Baru Pertama Menyetir Mobil

Bagi yang baru pertama kali mengendarai mobil manual, Anda perlu memahami karakteristik mobilnya, mulai dari model perpindahan gigi, cara memindahkan gigi, perpindahan kaki dari gas ke rem, dan sebagainya. Berikut ini adalah tips belajar mobil untuk yang baru pertama menyetir mobil. 

  • Kenali Dulu Karakteristik dan Fitur di Dalam Mobil

Sebelum menyalakan mobil, Anda perlu tahu terlebih dahulu, apa saja yang ada di hadapan Anda, seperti posisi rem, pedal gas dan kopling, lalu tombol untuk menyalakan sen, lampu, klakson, tombol untuk menyalakan wiper, cara memindahkan persneling, dan sebagainya. Anda juga perlu mencoba memahami cara kerja dari masing-masing fitur tersebut. 

  • Coba Injak Pedal dan Pelajari Fungsinya

Saat mengendarai mobil manual, ada tiga pedal utama yang akan bekerja bersama Anda, yaitu pedal rem, gas, dan kopling. Pedal paling kiri adalah pedal kopling, pedal tengah adalah rem, dan pedal kanan adalah pedal gas.

Peran kopling untuk menentukan kecepatan roda dan kecepatan mesin. Keduanya bekerja secara bersamaan sehingga Anda mesti tahu kapan waktunya melakukan perpindahan persneling. Kopling juga digunakan untuk menaikkan dan menurunkan gigi. Rem digunakan untuk menghentikan mobil. Pedal gas digunakan untuk menambah kecepatan. 

  • Cari Instruktur dan Berlatihlah di Tempat yang Aman

Cari tempat yang aman untuk belajar, juga seseorang yang paham cara mengendarai mobil dengan baik dan bersedia mengajari Anda. Tempat yang aman bisa seperti lapangan, jalan yang tenang, atau area yang jauh dari pemukiman dan orang-orang.

Belajar di tempat aman akan membuat Anda jadi lebih fokus. Selain itu, Anda tidak akan mengganggu atau membahayakan pengguna jalan lainnya. Cara ini efektif dan dapat membantu Anda membiasakan diri mengendarai mobil di jalan raya.

  • Fokus dan Mantap untuk Belajar Begitu Mesin Mobil Nyala

Duduk dengan posisi nyaman. Saat Anda sudah berada dalam posisi yang nyaman dan fokus penuh, waktunya Anda mulai mengemudi. Pertama, periksa terlebih dahulu, apakah tuas perseneling berada di posisi netral, jika belum, Anda harus memindahkannya. Posisi netral berada di antara gigi ketiga dan keempat. Dalam posisi netral, tuas perseneling dapat bergerak bebas ke kiri dan ke kanan.

Jika sudah siap, nyalakan mesin mobil dengan starter pada kunci mobil. Pastikan Anda juga menekan pedal kopling sepenuhnya. Saat mesin menyala, pindahkan gigi dari posisi netral ke gigi satu, kemudian lepas kopling secara perlahan sampai mobil bergerak maju. Dalam keadaan netral, menginjak kopling sebelum menyalakan mesin dapat mencegah mobil melompat ke depan.

  • Jalankan Mobil Sampai Anda Terbiasa

Teruskan melepaskan kopling secara perlahan sambil menekan pedal gas secara bertahap. Buat RPM Anda sedikit di atas nol. Anda dapat melakukan ini dengan meningkatkan gas sambil terus melepaskan kopling dengan kaki kiri Anda. Setelah itu, perlahan-lahan tambahkan tekanan pada pedal gas. Mobil akan berjalan perlahan. Kemudikan mobil dengan fokus dan tetap waspada. 

Latihan perlu dilakukan secara rutin sampai Anda terbiasa. Mengendarai mobil tidak hanya sekadar bisa membuat mobil maju saja, tetapi masih banyak hal yang perlu Anda pelajari, seperti cara mundur, cara parkir maju dan parkir mundur, cara belok, cara bermanuver, dan sebagainya.

Leave a Comment